Sebelumnya kita telah belajar membuat game serhana (ping - pong), kali
ini kita akan membuat game yang tidak jauh berbeda sistemnya dengan game
sebelumnya yaitu Bounce, terlebih game ini lebih mudah dibuat dari game
sebelumnya. silahkan lihat cara membuat gamenya di bawah.
Membuat Sprite
Buatlah 4 buah sprite utama dengan nama : spr_bola, spr_palang, spr_tembok, spr_balok1 dan spr_balok2.
lihat bentuk gambar dari masing - masing sprite tersebut di bawah :
Membuat Objek
Buatlah 4 buah objek utama dengan nama : bola, palang, tembok, balok1
dan balok 2. jangan berikan event terlebih dahulu pada objek. pada objek
Tembok, Palang dan Balok1-2 centang pada bagian Solid.
Membuat Room
1. Klik Ressources > Create Room. ubah nama room menjadi rm_main ubah
Width = 514 Height = 600. buatlah sehingga berbentuk seperti ini :
Memberikan Event
Bola
1. klik 2x pada objek bola kemudian klik Add Event > Create. Pilih
Move Fixed pada Action kemudian ubah arahnya menjadi kekiri dan kekanan
kemudan ubah speed menjadi 10.
2. masih pada objek bola klik Add Event > Collison > Tembok. Pilih
Bounce pada Action. lakukan hal yang sama pada Palang dan Balok 1 - 2.
hingga seperti gambar di bawah :
3. Klik Add Event > Other > Outside Room. pilih Jump To Start
kemudian tambahkan lagi action, pilih Dissplay Message, pada display
message isi dengan " Game Over ! ! ! ".
Balok
Kita akan memberikan efek hilang jika bola mengenai balok.
1. Klik dua kali pada Objek Balok 1 > Add Event > Collison >
Bola. pilih Destroy Instance. lakukan hal yang sama pada Blaok 2.
Palang
1. Klik 2x pada objek palang > Add Event > Collison > Balok > Bounce.
2. Klik Add Event > Keyboard > Left > Jump To Position. ubah nilai X = -7, centang pada Relative.
3. klik Add Event > Keyboard > Right > Jump To Position. ubah nilai Y = 7, centang pada Relative.
Sekarang anda dapat mencoba jalankan game anda dengan cara klik Run
Tidak ada komentar:
Posting Komentar